Kamis, 25 Desember 2008

Hari Ibu

22 Desember 2008 ini agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada hari ibu tahun ini, fi benar-benar tak punya persiapan membuat kejutan apapun untuk umi. Padahal beberapa hari sebelumnya sempat teringat kalo moment hari ibu. Tapi ko malah cuek-cuek aja ya….

Hmm…kalo diingat-ingat tradisi merayakan hari ibu ini baru berlangsung sejak semester awal perkualiahan ku. Sejujurnya, sebelum kuliah aku bahkan melewati 22 Desember sebagai hari biasa, nothing special,sama seperti hari-hari lainnya. Namun setelah aku bergabung di UKM kampus dan masuk kepengurusan salah satu divisi di dalamnya aku jadi ‘ngeh’ banget sama “Hari Ibu”.

Ya, kejutan pertama di tahun 2004 itu adalah kiriman surat untuk umi yang sengaja aku kirim via pos. Norak ga??? Haree gene masih gunain jasa pak pos? hehehe aku emang sengaja ga mengirim surat itu via email. Biar terasa lebih romantis, melankolis dan agak jadul. Selain ini adalah kali pertama kejutan di hari ibu yang aku buat untuk umi di usia ku yang sudah 17 tahun. Dan pada 22 Desember 2004, aku sedang tidak di rumah, aku di kostan. Jadi ya bisa dibilang, kejutan ini cukup berhasil.

Tahun 2005, fi malah lupa ngasih kejutan apa...Yang masih teringat hingga kini, adalah pada tahun 2006. Saat itu fi kepikiran untuk memberi kiriman cake buat umi. Lagi-lagi saat itu fi masih dikostan. Tadinya sih ga bisa pulang ke rumah. So, kiriman cake itu diharapkan bisa menggantikan kehadiran fi. Eh ga taunya, pas 22 Desember...sore-sore fi bisa nyampe juga ke Jakarta. Hmm...kebayangkan betapa senengnya c umi. TOP BGT dah,,,tidak mengecewakan. Sangat terkejut beliau.

Pada 2007, setahun yang lalu fi udah ada dirumah. Tau kenapa? Karena fi sedang dalam masa yang kurang baik. Masih inget kan kalo fi divonis hipertiroid pada pertengahan oktober 2007. Nah, jadi akhir tahun ini fi lebih sering di Jakarta. Alhamdulillah pada 22 Desember 2007 itu, kondisi fi lagi baik. Jadi bisa hang out tuk nyari-nyari kado. Senengnya lagi, sekarang udah bisa kerjasama sama adik-adik untuk urunan duit buat beli kado. Ya, seenggaknya bisa buat mereka aware sama moment hari ibu. Ibu agak merasa kecewa, karena sedari pagi kita cuek-cuekan. Ga ada satu pun yang ngucapin selamat hari ibu. Eh...eh...tapi langsung seneng bergitu kita kejutkan dengan hadiah yang udah kita siapin. Hehehe terharu lagi deh ibu.

Nah, yang baru banget adalah kejadian beberapa hari lalu tentu saja sodara...sodara...Meskipun seperti diawal tadi aku katakan, aku g prepare apapun. Mana dar pagi mesti jaga toko pula. Tapi tetep aja, bukan ficca namanya kalo ga nyiapin kejutan buat orang-orang tersayang. Hehehe...sepulang dari toko aku tetep mampir dulu ke Pasaraya Grande tuk nyari hadiah.

Singkat cerita, setelah hadiah itu sempet ilang di kamar dan pada akhirnya tiba-tiba muncul diatas kasur fi (baca: aneh banget d, udah diobrak-abrik isi tas tapi ga ada, ud diberesin kasurnya juga ga ada. Eh ga taunya muncul tiba-tiba diatas kasur). Yaudah, ga lupa di bungkus dong kadonya,bikin surat singkat yang isinya ucapan terimakasih dan permohonan maaf dari fi sebagai anak sekaligus kakak di rumah.

Hiks..hiks...begitu mulai nulis air mata ini udah mulai netes. Hmm…ga tahan. Ko jadi melankolis banget sih? Ku mulai dengan ucapan terimakasih. Aku jadi teringat betapa umi begitu sabar, banyak berkorban, ikhlas ngadepin aku yang kadang egois, kadang nyebelin, sok tahu, temperamental. Hiks…makin sedih kalo inget ternyata umi udah melakukan itu semua selama 21 tahun lebih. Aku juga makin ngerasa bersalah karena belum bisa ngasih hadiah toga dan ijazah S1 tahun ini.

Oiy, ternyata moment nangis-nangisan ga hanya terjadi saat aku nulis ucapan buat umi. Tapi tangis pun pecah saat akhirnya aku turun ke lantai dasar dan menghampiri umi yang ada di ruang makan. Ku cium tangannya dan kupeluk erat tubuhnya. Aku pun tak bisa menahan tangis. Ku ungkapkan permohonan maaf pada nya karena selama ini aku seringkali membuatnya terluka.

Tapi, umi benar-benar membuatku terharu. Ia berkata “ Iya,umi maafin teh...seperti apapun kamu, umi sayang kamu fic...gpp kamu belum lu2s tahun ini, karena itu kan bukan keinginan kamu. Yang penting, jangan tersinggung ya kalo umi cerewetin tuk ngerjain skripsi, karena tugas mu belum slesai nak…”

Dan yang hingga kini masih terus terngiang di benakku adalah doa-doa nya untukku. Meskipun selayaknya, pada hari itu untaian doa keluar dari bibirku. Namun lisannya terus memohon yang terbaik untukku. Ya begitulah ibu kasihnya tak kan pernah putus sampai kapan pun.

Tidak ada komentar: